Tips Puasa Sehat Selama Ramadhan

Berpuasa selama bulan Ramadhan memiliki risiko dehidrasi yang tinggi karena makanan dan minuman terbatas sebelum matahari terbit dan terbenam. Selain itu, karena orang yang berpuasa dianjurkan untuk bangun pagi-pagi sekali untuk makan sahur, atau kurang tidur, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala.

“Puasa sehat dimungkinkan jika Anda mengonsumsi makanan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat,” saran Departemen Dietetika di Singapore General Hospital (SGH), anggota kelompok SingHealth.

Berikut ini beberapa tips puasa sehat:

1. Jangan lewatkan Sahur

Seperti kata pepatah, ‘sarapan adalah makanan paling penting hari ini’. Dan selama Ramadhan, itu menjadi lebih penting!

Meskipun melewatkan Sahur untuk tidur tanpa gangguan mungkin terdengar menarik, Anda tidak harus melakukannya.

Melewati Sahur memperpanjang periode puasa karena tubuh Anda harus bergantung pada makanan sebelumnya untuk memberi Anda semua nutrisi dan energi sampai berbuka. Karena berpuasa berjam-jam lebih lama, Anda cenderung merasa dehidrasi dan lelah di siang hari. Selain itu, melewatkan Sahur juga mendorong makan berlebihan selama berbuka puasa, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

2. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa

Sama seperti tidak disarankan untuk melewatkan Sahur, makan berlebihan ketika tiba saatnya berbuka puasa dapat membahayakan tubuh Anda.

Berbuka puasa harus menjadi makanan bergizi seimbang. Terlalu banyak makan dan konsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Perlahan dan nikmati setiap suapan makanan Anda.

3. Hindari makan gorengan, makanan asin dan makanan tinggi gula

Tidak jarang bagi orang yang berpuasa untuk menghadiahi diri mereka dengan hidangan yang kaya rasa, berminyak, digoreng, dan bergula. Meskipun makanan-makanan ini terasa enak dalam jangka pendek, mereka dapat membuat puasa keesokan harinya menjadi lebih sulit.

Selain dari kenaikan berat badan yang tidak sehat, mengkonsumsi makanan berlemak dan bergula juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, Anda harus membatasi asupan garam, terutama selama sahur (makan subuh), karena ini meningkatkan rasa haus.

Sebagai gantinya, cobalah memasukkan makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, beras dan alternatif, serta daging dan alternatif. Mengkonsumsi makanan kaya serat selama bulan Ramadhan juga ideal karena dicerna lebih lambat dari makanan olahan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Minumlah air sebanyak mungkin

Minum air sebanyak mungkin antara buka dan sahur akan mengurangi dehidrasi.

Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam. Cairan termasuk jus, susu, minuman dan sup, tetapi air adalah pilihan terbaik. Idealnya, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola karena ini memiliki efek diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.